21.1.15

Mosi kita hari ini.

Cerita perjalanan gue di dunia debat diawali dengan pergi bertiga bersama temen gue, latihan di sebuah restoran selama 3 jam sama seorang alumni lomba debat yang secara fisik beda tipis sama beruang coklat yang ada di gunung Amerika, tapi suaranya melambai halus kayak cewek.

Dari awal gue gak begitu yakin kalo si beruang gendut bernada banci ini bisa ajarin gue debat, tapi semakin banyak kata yang keluar dari mulut dia, semakin juga gue respect sama dia. (Kalo gue homo mungkin gue bakal tertarik sama dia.)

Ekspektasi gue mengenai debat berubah drastis. Debat ternyata gak cuma harus bagusin pemilihan kata dan be as persuasive as you can, tapi debat yang sebenarnya adalah debat informasi, dan pengetahuan. Kita harus riset, tau banyak hal, dan up to date sama masalah sosial yang ada sekarang ini.

Buat seseorang yang awam, mungkin nganggep dengan asal ngomong dan ngotot bisa bikin orang menang di lomba debat. Tapi simpelnya menurut gue, semakin gede seseorang asal ngomong dan ngebacot, semakin seseorang itu kelihatan bego.

Gak kayak cerita peserta-peserta debat lainnya yang latihan berpuluh kali atau ikut ekskul debat di sekolahnya, jumlah latihan gue cuma 2 kali dan itupun 2 hari sebelum lombanya dimulai. Meskipun begitu, gue gak merasa less pede sedikit pun, mungkin karena gue suka challenge.

(Gaklah sebenernya gue grogi setengah mati.)

Anyway, hari lomba gue dimulai. Komposisi peserta debat itu ada 3, first speaker, second speaker, dan third speaker. Meskipun gak begitu kenal sama first speaker gue, disini dia berperan jadi senior debat yang (emang harusnya) paling pro kalo soal ngomong. Jadi wajar aja sih kalo dia bisa ngomong sampe batas waktu maksimal.

Second speaker gue to be honest, gak begitu jago pas ngomong. Tapi to be honest lagi dan no homo, dia cukup ganteng. Gue terkadang cuma berharap pas dia maju, juri cewek gak bisa konsen dengerin dia ngomong, malah fokus ke muka dia, terus akhirnya secara random ngasih nilai tinggi.

Gue sebagai third speaker yang masih pemula gak bisa berkontribusi banyak saat itu. Momen pas maju, gue pas ngeliat ke arah lawan, gue merasa kayak dibenci banget. Pas gue liat ke arah temen gue, mereka kayak selalu masang muka 'ngomong-lu-masih-kurang-asu.'

Tapi gimana pun pada akhirnya, dengan komposisi tim yang absurd ini, kita bisa meraih juara... harapan 1.

Buat gue sendiri, debat mengubah cara pikir gue menjadi lebih logis dan rajin, membuat gue melihat sesuatu dari sudut pandang yang terkadang gak terpikirkan orang lain, intinya gue gak nyesel sama sekali tau tentang debat, dan malah gue nyesel udah gak bisa debat lagi.

Sekian argumen dari saya, terimakasih.
penulisjournal.


thanks.

-post singkat untuk mengingat lomba debat pertama di hidup gue. post ini gue kasih untuk sahabat debat sinin dan levi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komen biar dapet permen.

adventurer

Satu yang tidak pernah bergerak mundur... waktu. Satu titik pivot dalam hidup adalah ketika gue memutuskan keluar dari full-time vendor wedd...